Penjelasan mengenai PCI

Apa itu PCI?
     PCI (Peripheral Component Interconnect atau dalam bahasa indonesia Interkoneksi komponen perferal) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Hasil gambar untuk pci
Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express.

PCI dirancang untuk mendukung bernacam-macam konfigurasi berbasis mikroprosesor, baik system mikroprosesor tunggal maupun banyak. PCI ini memanfaatkan sinkron danm pola arbitrasi tersentralisasi. System perintah-perintah yang ada di PCI biasanya aktivitas bus terjadi dalam bentuk transaksi sebuah inisiator,atau master,dengan sebuah target. Kertika memperoleh control bus, master bus menentukan jenis transaksi yang akan terjadi berikutnya. Untuk interrupt Acnowledge adalah sebuah perintah baca yang ditunjukkan bagi perangkat yang berfungsi sebagai pengontrol interrupt indetifier untuk dikembalikan.
PCI berbasis pada local bus yang cepat. Pada perkembangannya, PCI diadopsi menjadi standar industri di bawah administrasi dari PCI Special Interest Group, yang kemudian definisi dari PCI diperluas menjadi konektor standa interface bus /slot ekspansi.PCI mempunyai interface sebesar 64 bit dan mengimpelentasikan lebar jalur 32 bit untuk bus data dan alamat (bandingkan dengan ISA ,16 bit). PCI ialah bus dengan arsitektur sinkronous, yakni bus dimana semua transfer data dijalankan secara relatif bersamaan terhadap pulsa detak sistem. PCI mendukung mekanisme auto-configuration dimana setiap piranti PCI terdapat sekelompok register konfigurasi yang memungkinkan identifikasi/pengenalan akan jenis piranti seperti SCSI, Video, Ethernet dan lainnya.
Pada transfer data perintah-perintah memory read dan write digunakan untuk menspesifikasikan transfer data yang menempati satu sikus waktu atau lebih. Perintah ini tergantung pada apakah pengontrol memory pada Bus PCI mendukung protocol PCI untuk transfer antara memory dengan cache atau tidak.


Sejarah PCI

1.     Spesifiklasi bus PCI pertama kali diliris pada bulan juni 1992, sebagai PCI versi 1.0
2.     Spesifikasi bus PCI dirilis pada perubahan yang dilakukan
3.     PCI 1.0 Juni 1992 Spesifikasi Asli PCI, yang memiliki lebar bus 32bit atau 62bit
4.     PCI 2.0 April 1993 Spesifikasi ini mendefinisikan jenis konektor dan papan ekspansi
5.     PCI 2.1 Juni 1995 Operasi 6 MHz diberlakukan, perubahan pada latency, adanaya fungsi transaction ondering
6.     PCI 2.2 Januari 1999 fitur manjemen daya diberlakukan ada mekanisme mekanik  
7.     PCI-X 1.0 Sebtember 19999 

Jenis-Jenis PCI dan Pengertiannya
A.Slot PCI-E
Slot untuk kartu grafis (VGA) PCI-E X16 pada Motherboard mulai digunakan saat motherboard dengan prosesor LGA 775 untuk processor Pentium 4 dan Celeron, sampai sekarang slot kartu grafis ini masih digunakan. Slot PCI-E X16 menggantikan slot AGP untuk kartu grafis PCIe.

B.Slot A B. GP
Slot untuk kartu grafis (VGA) AGP yang digunakan motherboard versi lama seperti LGA 478 dan Pentium 3, Slot ini sudah jarang digunakan dikarenakan slot ini digunakan oleh motherboard versi lama (jadul), slot kartu grafis untuk motherboard ini perlahan-lahan ditinggalkan karena perekembangan teknologi hardware yang semakin maju sehingga dipasaran juga sulit untuk ditemukan.

C.Slot PCI
Slot untuk kartu grafis (VGA) PCI yang digunakan pada motherboard sangatlah multi fungsi, banyak peripheral komputer yang menggunakan slot PCI, tapi untuk slot kartu grafis sudah jarang digunakan, biasanya peripheral yang menggunakan slot PCI ini yaitu sound card, ethernet card, LAN card.

D.Slot PCI-E X1
Slot PCI-E X1 hampir sama kegunaannya dengan slot PCI, tetapi belum banyak yang menggunakan slot ini, mungkin karena slot ini hanya memiliki 1 jalur: (x1 memiliki 1 lajur), sehingga slot ini lebih sering digunakan untuk perangkat atau device lainnya.

Apa Itu PCI-E (Express)?

PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi yang didesain untuk menggantikan PCI Bus yang lama. Banyak Mortherboard mengadopsi PCIexpress karena PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi pararel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

Gambar terkait
Kegunaan Pci Express
Dalam PCI terdapat 50 sinyal yang dibagi dalam beberapa kelompok menurut fungsinya dan telah ditetapkan, yaitu
1.     System Pins : meliputi pin waktu dan rese
2.     Address and Data Pins: meliputi 32 saluran yang time-multiplexed bagi alamat dan data.
3.    Interface Controls Pins: mengontrol waktu transaksi dan menkoordinasikan antara inisiator dan target.
4.   Arbitration Pins: pin-pin ini tidak dipaikai secara bersama-sama tetapi masing-masing memiliki pasangan saluran arbitrasinya sendiri yang menghubungkan secara langsung dengan arbitrer PCI bus.
5.     Error Reporting Pins: Digunakan untuk melaporkan error parity dan error-error




Komentar